Pemandangan Di Kitakyushu Yang Tidak Kalah Indah

Kalau punya kesempatan travelling ke Jepang, kota mana yang mau kamu kunjungi? Mungkin sebagian besar akan menjawab Tokyo, Osaka, Kyoto, atau bahkan ingin menikmati dinginnya Hokaido. Karena memang kota-kota tersebut sudah terkenal, dan memiliki tempat-tempat wisata menarik yang membuat kita ingin sekali mengunjunginya. Ya memang sih, aku juga pengen banget pergi ke kota-kota itu, setelah berkesempatan beberapa kali pergi ke Tokyo, masih ada saja tempat yang belum sempat didatangi, jadi kalau ada kesempatan travelling lagi ke Jepang, mungkin mau ke Tokyo lagi.

Tapi sebenarnya kota-kota lain di Jepang juga menarik untuk dikunjungi, lho.  Banyak tempat wisata yang juga terdapat di kota-kota kecil Jepang. Seperti kota Kitakyushu, kota tempatku tinggal selama menetap di Jepang. Kitakyushu berasal dari kata kita (utara) dan Kyushu (nama pulau di Jepang), ini berdasarkan letak kota Kitakyushu yaitu di sebelah utara pulau Kyushu.

Kota Kitakyushu termasuk ke dalam Fukuoka Prefecture, jadi kalau ada orang Indonesia yang bertanya, tinggalnya di mana dan jawab di Kitakyushu, pasti mereka pada gak tahu, tapi kalau dijawab di Fukuoka, baru mereka tahu. Walaupun hanya kota kecil, tapi Kitakyushu ini kota yang nyaman, tidak ramai seperti di Tokyo, dan jam 9 malam jalanan sudah sepi. Kalau menurutku, Kitakyushu itu desa yang modern, walaupun kecil tapi fasilitasnya sudah lengkap, tambah nyaman sebagai tempat tinggal.

Meskipun hanya kota kecil, di Kitakyushu banyak terdapat tempat-tempat wisata menarik yang bisa dikunjungi kalau ingin berlibur ke sini.

GREEN PARK

Kastil Kokura | ZEKKEI Japan

Menurutku ini tempat wisata yang harus dikunjungi kalau ke Kitakyushu, di sini terdapat taman dengan padang rumput yang luas, cocok sebagai tujuan bersama keluarga. Green park bisa dikunjungi kapan saja, dari musim panas sampai musim dingin, dan setiap musim mereka punya event–event tertentu, misalnya melihat sakura atau bunga tulip di musim semi, melihat bunga cosmos di musim gugur, bermain air di musim panas terutama untuk anak-anak, dan kadang-kadang sering ada flea market yang menjual barang-barang dengan harga yang murah. Aku paling senang berkunjung ke Green Park ketika ada festival bunga mawar, karena mereka punya kebun mawar yang mekar dua kali dalam setahun, dengan beragam bunga mawar yang harum dan berwarna-warni.

Padang rumput luas yang berada di tengah-tengah sering digunakan untuk piknik keluarga, makan bersama sambil bermain. Sekolah anakku juga sering mengadakan acara bersama murid dan keluarganya di tempat ini. Pepohonan yang tumbuh rimbun di sekeliling padang rumput ini menjadi tempat yang asik untuk berteduh dan bercengkrama. Selain di padang rumput ini, anak-anak juga bisa bermain di arena permainan anak, menunggang kuda poni, atau melihat kangguru.

Biaya untuk masuk ke tempat ini hanya 100 yen atau sekitar 10.000 rupiah untuk umum, dan 50 yen atau sekitar 5.000 rupiah untuk anak-anak. Bahkan biasanya mereka menggratiskan biaya masuk khusus pada hari anak untuk semua pengunjung. Jadi pada hari itu Green Park pasti ramai, tempat parkir yang sudah sangat luas pun bahkan tidak mampu menampung kendaraan lagi.

TAKATOYAMA PARK

Indah Primadona: 2014

Tempat wisata ini terletak di perbukitan, di sini ada spot khusus dimana kita bisa melihat pemandangan kota Kitakyushu dari ketinggian. Sepertinya inilah daya tarik utama dari tempat wisata ini. Di tempat ini juga terdapat padang rumput yang tidak terlalu luas, dengan pohon-pohon sakura di sekelilingnya, dan merupakan salah satu tujuan ketika bunga sakura bermekaran.

Tapi paling asik kalau berkunjung ke sini ketika Hydrangea Festival dimana bunga Hydrangea bermekaran. Rata-rata tanaman yang ada di sini adalah Hydrangea, jadi ketika bunga-bunganya bermekaran, tempat ini terlihat lebih cantik dan berwarna-warni. Di sini juga terdapat tempat permainan untuk anak-anak, tapi terletak agak jauh dari tempat utama, dan tidak dipungut biaya untuk masuk ke tempat wisata ini.

SARAKURAYAMA

Destinasi Wisata di Fukuoka Part 3 (End): Sarakurayama | Catatan ...

Sarakurayama juga merupakan bukit tinggi, dan kita bisa menuju ke puncak dengan menggunakan cable car. Karena merupakan bukit paling tinggi di Kitakyushu, di puncak Sarakurayama ini terdapat beberapa pemancar milik stasiun televisi.

Untuk naik ke puncak menggunakan cabe car, dikenakan biaya 1.200 yen untuk dewasa dan 600 yen untuk anak-anak. Memang agak mahal, tapi selama perjalanan menaiki cable car, kita bisa melihat pemandangan kota Kitakyushu secara leluasa. Di atas bukit ini terdapat restoran kecil, dan akan ramai pada malam hari, dimana orang-orang menikmati hidangan sambil memandang lampu-lampu bersinar indah yang menerangi kota Kitakyushu.

Paling asik datang ke Sarakurayama ketka musim dingiin. Di kota Kitakyushu memang jarang turun salju, dan puncak Sarakurayama adalah satu-satunya tempat yang selalu ditutupi salju tebal ketika musim dingin. Jadi sebagian orang sering berkunjung ke sini ketika musim dingin tiba untuk bermain salju.

Baca Juga : Objek Wisata Di Nagasaki

KAWACHI FUJI GARDEN

Kawachi Fuji Garden Tickets in Fukuoka, Japan

Ini adalah tempat wisata yang paling terkenal di Kitakyushu, kebun bunga Fuji atau Wisteria. Bunga ini mekar ketika musim semi, sekitar akhir April sampai awal Mei. Jadi tempat wisata ini hanya dibuka ketika bunga Fuji sudah bermekaran. Di awal Mei terdapat hari libur nasional yaitu Golden Week, dan tempat ini akan semakin ramai dikunjungi pada waktu tersebut.

Bagian yang paling diincar para pendatang adalah Wisteria Tunnel, lorong yang ditumbuhi oleh tanaman Wisteria yang menggantung, merupakan spot foto favorit, dan sangat jarang sekali sepi, jadi sangat susah mendapatkan foto hanya bunga saja tanpa pengunjungnya.

Sebenarnya di tempat ini juga terdapat kebun pohon Momiji atau Japanese Maple Tree, dan bisa dinikmati ketika musim gugur, dimana daun-daun akan berubah warna menjadi merah. Tapi aku belum pernah ke tempat ini ketika musim gugur.

PANTAI IWAYA

Yang ingin menikmati pemandangan laut biru, bisa berkunjung ke Pantai Iwaya. Pantai lebih seru dikunjungi ketika musim panas, menikmati segarnya udara laut. Pantai Iwaya ini masih alami dan terawat dengan baik. Di sini anak-anak bisa bermain pasir pantai atau bermain ombak di bibir pantai. Diperbolehkan untuk mengadakan barbekyu di sini, asal tetap menjaga kebersihan tempat ini setelah selesai.

Jadi yang punya rencana berkunjung ke kota kecil Kitakyushu, jangan khawatir, karena di sini juga banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Tidak kalah cantiknya dengan kota-kota lain di Jepang.

Baca Juga : Anda Memiliki Rencana Liburan ? Kunjungi Fukuoka Untuk Melihat Indahnya Wisata Disana