Piknik Bersama Ke Kota Pontianak

Pontianak, terkenal sebagai salah satu kota di Indonesia yang dilewati garis khatulistiswa. Dilihat dari kondisi geografisnya ini, tak diragukan lagi, jika Pontianak juga menyimpan potensi wisata yang cukup besar.

Tak hanya garis khatulistiwa, Kalimantan juga dikenal sebagai pulau seribu sungai, dimana di pulau ini terdapat banyak sungai-sungai besar yang mengalir. Salah satunya juga mengalir di Kota Pontianak ini.

Adanya sungai ini kemudian juga menambah daftar potensi wisata yang ada di Pontianak. Lebih lengkapnya, berikut adalah beberapa destinasi wisata di Pontianak yang bisa menjadi tujuan saat Anda berkunjung.

1. Pantai Pasir Panjang

Pantai Pasir Panjang

Kalimantan, khususnya Pontianak, tak hanya terkenal dengan sungainya saja. Jika Anda suka dengan destinasi pantai, Pantai Pasir Panjang ini adalah destinasi yang tidak boleh dilewatkan. Pantai yang terletak di Singkawang Selatan ini menawarkan berbagai daya tarik.

Seperti pantai lainnya, disini Anda juga bisa menikmati pasir putih yang halus serta air laut berwarna biru jernih sejauh mata memandang. Tak hanya pemandangannya, pantai ini juga menawarkan daya tarik ombak besar yang cocok untuk kegiatan berselancar.

2. Pantai Kijing

Pantai Kijing

Satu lagi pantai di Pontianak yang bisa menjadi pilihan Anda menghabiskan akhir pekan. Lokasinya yang cukup tersembunyi, yaitu di kawasan Kecamatan Sungai Kunyit membuat pantai ini tidak begitu ramai dikunjungi.

Suasana yang tidak begitu ramai dengan pemandangan khas pantai berupa pasir putih dan hamparan ombak bergulung membuat pantai ini benar-benar memberikan ketenangan sehingga sangat cocok untuk refreshing di akhir pekan. Jangan lewatkan pula pemandangan romantis matahari terbenam dari pinggir pantai ini.

3. Sinka Island Park

Sinka Island Park

Sinka Island Park ini adalah destinasi wisata terpadu, yang mana di dalamnya terdapat area kolam renang, kebun binatang hingga pantai. Letaknya berada di kawasan teluk, tepatnya di Teluk Ma’jantuh yang berada di Singkawang.

Selain area wisata yang disebutkan di atas, disini Anda juga bisa menikmati keindahan dan keunikan pulau terkecil di dunia hanya dengan melewati sebuah jembatan. Jembatan ini juga cukup bagus jika Anda gunakan sebagai spot berfoto.

4. Tugu Khatulistiwa

Tugu Khatulistiwa

Berkunjung ke Pontianak rasanya tidak lengkap jika tidak berkunjung ke ikon kota Pontianak, tugu khatulistiwa. Disini Anda bisa menikmati keindahan arsitektur tugu yang dibangun tepat di titik yang dilalui garis khatulistiwa ini sekaligus mempelajari segala hal tentang garis khatulistiwa.

Apalagi jika Anda berkunjung di waktu tertentu seperti pada tanggal 21-23 Maret atau tanggal 21-23 September. Di waktu tersebut Anda bisa merasakan fenomena ketika matahari tepat berada di atas garis khatulistiwa. Fenomena ini membuat semua benda jadi tidak memiliki bayangan.

5. Paradise-Q Waterpark

Paradise-Q Waterpark

Jika Anda sedang mencari tempat liburan yang cocok untuk keluarga, wahana permainan air Paradise-Q Waterpark ini adalah pilihan terbaik. Disini Anda bisa menikmati berbagai wahana permainan yang menyenangkan dan tentunya aman.

Wahana permainan air yang disediakan beragam dan bisa Anda pilih sesuai umur. Arena bermain ini sangat tepat untuk Anda yang ingin menikmati waktu santai bersama keluarga dan anak-anak di akhir pekan.

6. Bukit Penjamur Bengkayang

Bukit Penjamur Bengkayang

Bagi Anda yang suka dengan destinasi wisata yang menyajikan keindahan alam, Bukit Penjamur Bengkayang ini adalah pilihan yang tepat. Lokasinya memang cukup jauh dari Kota Pontianak, yaitu dengan menempuh perjalanan 4 jam. Namun, saat sampai Anda tidak akan kecewa.

Disini Anda bisa menikmati pemandangan dari atas puncak bukit dengan hamparan awan di hadapan. Lokasi bukit ini bahkan juga sering menjadi arena berkemah favorit pengunjung yang suka dengan kegiatan outdoor.

7. Klenteng Thian Hou Keng

Klenteng Thian Hou Keng

Destinasi selanjutnya yang bisa menjadi tujuan saat berkunjung ke Pontianak adalah Klenteng Thian Hou Keng. Klentenh yang masih aktif dijadikan sebagai tempat ibadah ini merupakan salah satu bangunan paling tua di Pontianak.

Disini Anda bisa menikmati keindahan arsitektur Tionghoa yang begitu kental. Ketika berkunjung di waktu yang tepat, Anda bahkan bisa melihat berbagai pertunjukan yang digelar dalam rangka peringatan hati besar keagamaan.

Baca Juga : Depok Juga Miliki Banyak Objek Wisata

8. Aloe Vera Center

Aloe Vera Center

Berwisata sambil edukasi? Siapa bilang tidak bisa. Aloe Vera Center ini adalah salah satu destinasi di Pontianak yang tidak hanya dijadikan sebagai objek wisata namun juga edukasi. Disini Anda bisa melihat hamparan tanaman lidah buaya sepanjang mata memandang.

Kegiatan utama yang bisa Anda lakukan disini adalah belajar cara menanam, merawat hingga memanen tanaman lidah buaya. Anda juga akan mendapat pembelajaran bagaimana pengolahan lidah buaya menjadi produk, baik itu produk kecantikan hingga produk makanan.

9. Kampung Wisata Kuantan

Kampung Wisata Kuantan

Kampung tematik saat ini memang menjadi potensi wisata yang cukup besar di Indonesia, salah satunya di Pontianak. Kampung Wisata Kuantan ini adalah destinasi kampung tematik yang dijamin bisa memanjakan mata Anda saat berkunjung.

Area desa yang dihias sedemikian rupa dengan tema-tema tertentu ini juga kerap menjadi spot berfoto favorit pengunjung. Tak heran karena memang kampung tematik ini dibuat dengan tema-tema tertentu yang tentunya instagramable.

10. Kampung Beting

Kampung Beting

Kampung Beting ini adalah destinasi wisata yang bisa menjadi pilihan jika Anda ingin mengenal kehidupan masyarakat Pontianak di jaman dahulu. Kampungnya berada di atas air dengan bangunan panggung yang khas.

Disini Anda bisa menikmati bagaimana eksotisnya tata kehidupan sosial serta bangunan yang dibuat oleh masyarakat pada jaman dahulu. Anda bisa menikmati serunya berkeliling kampung dengan menggunakan perahu.

11. Pelabuhan Seng Hie

Pelabuhan Seng Hie

Destinasi selanjutnya yang tak kalah menarik untuk dikunjungi adalah Pelabuhan Seng Hie. Pelabuhan ini adalah pelabuhan tertua di Pontianak. Tidak hanya menjadi tempat berlabuhnya kapal-kapal untuk melakukan bongkar muat saja, pelabuhan ini juga memiliki sejarah panjang.

Pelabuhan yang awalnya miliki seorang pedagang asal China ini juga sempat diambil alih oleh Belanda. Destinasi ini bisa memberikan gambaran pada Anda bagaimana kejayaan jalur perdagangan laut di Indonesia. Beberapa spot juga bisa Anda jadikan spot foto yang menarik.

12. Arboretum Sylva Untan

Arboretum Sylva Untan

Terletak di tengah kota, hutan kota atau arboretum ini juga sering menjadi tujuan bagi masyarakat Pontianak untuk sekedar melepas penat. Tidak hanya itu saja, yang lebih istimewa disini Anda bisa mempelajari lebih dekat berbagai tanaman khas dari Kalimantan.

Di hutan kota ini ada setidaknya 190 jenis pohon serta 80 spesies anggrek yang dibudidayakan. Tak hanya tanaman, disini juga terdapat beberapa fauna yang dikembangbiakkan. Arboretum ini juga dilengkapi fasilitas track jogging yang bisa Anda manfaatkan untuk berolahraga.

13. Rumah Betang Radakng

Rumah Betang Radakng

Jika Anda ingin melihat kebudayaan asli Kalimantan Barat, di Pontianak Anda bisa menemukan salah satunya, yaitu rumah adat. Rumah adat yang bernama Rumah Betang Radakng ini adalah rumah adat masyarakat Dayak yang mungkin sudah jarang ditemui.

Keunikan rumah ini adalah panjangnya, yang juga membuat rumah ini diklaim sebagai rumah adat paling panjang di Indonesia. Rumah yang berbentuk rumah panggung ini dibangun panjang karena memang menjadi tempat tinggal satu keluarga suku Dayak. Semakin banyak anggota keluarga, maka semakin panjanh pula rumahnya.

14. Jembatan Kapuas

Jembatan Kapuas

Berbicara Kota Pontianak tak bisa dilepaskan dari Sungai Kapuas yang mengalir membelah Kota Pontianak. Salah satu tempat yang juga menjadi destinasi kunjungan favorit saat berada di Pontianak adalah Jembatan Kapuas yang membentang di atas Sungai Kapuas.

Tidak hanya menjadi penghubung wilayah Pontianak, jembatan ini juga sering menjadi arena favorit bagi para fotografer untuk mendapatkan hasil jepretan terbaik. Berpose di atas Jembatan Kapuas saat matahari terbit atau terbenam adalah kegiatan yang tak boleh Anda lewatkan. Hasil fotonya juga tak akan mengecewakan.

15. Keraton Kadriah

Keraton Kadriah

Destinasi terakhir yang harus Anda kunjungi saat berada di Pontianak adalah Keraton Kadriah. Bangunan ini adalah peninggalan Kesultanan Pontianak yang didirikan pada tahun 1771 oleh sultan pertama Pontianak.

Disini Anda tidak hanya bisa menikmati keindahan arsitektur keraton yang terlihat sangat megah saja. Di dalamnya juga terdapat banyak peninggalan sejarah, baik peninggalan Kesultanan Pontianak maupun peninggalan masa penjajahan Jepang.

Pontianak yang merupakan salah satu kota besar di Kalimantan ini juga memiliki berbagai potensi wisata. Daftar destinasi wisata di Pontianak di atas hanya beberapa destinasi yang wajib Anda kunjungi. Destinasi tersebut tidak hanya menawarkan keindahan saja namun juga bisa menjadi sarana edukasi.

Baca Juga : Indahnya Alam Kota Sukabumi