Strategisya Berwisata Di Kota Satria Purwoketo

Di Purwokerto, ada banyak sekali daftar tempat wisata murah-meriah. Faktanya, Purwokerto termasuk salah satu daerah yang paling banyak menyumbang potensi wisata di Jawa Tengah. Beberapa di antaranya bahkan sudah terkenal hingga ke mancanegara.

Namun, tidak sedikit juga tempat wisata di sekitar kota Purwokerto, dan kabupaten Banyumas pada umumnya, yang masih belum banyak terjamah oleh manusia.

Buat kamu-kamu yang ingin berlibur tapi masih bingung mau ke mana, atau kamu yang belum punya rencana ngapa-ngapain untuk weekend depan, boleh banget lho datang berkunjung ke kota Purwokerto.

Dijamin deh, kamu bakalan ketagihan untuk datang lagi ke kota ini.

Selain referensi wisata yang indah nan antimainstream, kamu juga nggak perlu khawatir soal budget liburanmu akan membengkak, karena hampir seluruh tempat wisata di Purwokerto ini murah-meriah. Beneran, sob.

Lokawisata Baturraden

tempat wisata di purwokerto

Tempat wisata di Purwokerto yang paling banyak dikunjungi kalau ada study tour sekolah mungkin ya Lokawisata Baturraden ini. Karena lokasinya yang cukup mudah dijangkau (hanya sekitar 15 menit dari pusat kota Purwokerto), Baturraden menjadi destinasi wisata nomor wahid bagi para pelancong luar kota maupun dalam kota.

Tiket untuk masuk ke sini cukup murah, yakni Rp14,000 dan harga tersebut sudah termasuk asuransi.

Fasilitas yang ditawarkan juga lumayan lengkap, mulai dari parkir yang nyaman, kedai-kedai kuliner yang bertebaran, toilet yang banyak dan bersih, serta tempat ibadah tersedia di sini.

Di dalamnya terdapat banyak wahana, antara lain:

  • Cascadane atau air mancur raksasa yang indah
  • Air terjun atau curug dengan kolam alami yang jernih dan dingin
  • Kolam renang dengan wahana air
  • Sepeda air (perahu bebek)
  • Pemandian air panas yang bisa kamu nikmati secara cuma-cuma alias sudah termasuk tiket masuk
  • Dan masih banyak lagi

Kalau dari pintu gerbangnya, kamu akan melihat bangkai pesawat di sebelah kiri. Di dalamnya, kamu bisa menonton beberapa pilihan film dokumenter lokal berdurasi 15 menit dengan membayar Rp5,000 saja.

Selain menonton, kamu juga boleh berfoto di kokpit pesawat lho.

Oh iya, karena terletak di kaki gunung Slamet, udara di sini sangat sejuk. Jadi pastikan bawa jaket ya!

Kebun Raya Baturraden

tempat wisata di purwokerto

Masih di kawasan Baturraden, ada sebuah tempat wisata dengan konsep konservasi penelitian pendidikan dan wisata, yaitu Kebun Raya Baturraden. Kalau disingkat KRB, sama seperti Kebun Raya Bogor. Hahaha. Tapi memang ada hubungannya, lho.

Objek wisata yang diresmikan pada bulan Oktober 2015 ini memang difasilitasi oleh pengelola Kebun Raya Bogor bersama pemerintah setempat dan LIPI.

Untuk menuju ke Kebun Raya Baturraden, dari arah Purwokerto kamu cukup jalan lurus ke arah Baturraden, lalu belok kanan di pertigaan sebelum terminal atas Baturraden, ke arah desa Kemutug Lor. Harga tiket masuknya cukup bersahabat, yaitu Rp10,000 saja.

Koleksi tanaman di sini juga sangat lengkap, ada sekitar 2,600-an lebih spesimen tumbuhan yang bisa kita amati. Di antaranya anggrek, liliana, perdu, berbagai tanaman merambat dan berbagai macam pohon dan bunga.

Dengan jenis tanaman sebanyak itu, bukan tak mungkin apabila Kebun Raya Baturraden akan menjadi Pusat Tanaman Pegunungan Jawa sesuai dengan visinya.

Curug Telu

tempat wisata di purwokerto yang rekomended

Curug Telu, atau Curug Tiga, berada di desa Karangsalam, Baturraden. Seperti di Kebumen, di kabupaten Banyumas ini juga banyak sekali terdapat curug. Bahkan masih ada yang belum tersentuh alias curug perawan.

Di antara curug-curug yang bertebaran itu, Curug Telu mugkin yang paling populer.

Sesuai namanya, di area Curug Telu terdapat tiga buah air terjun; satu besar dan dua kecil. Waktu pertama kali saya ke sini, belum ada warga yang mengelola sehingga gratis. Medannya pun masih cukup sulit.

Namun kabar baiknya, saat ini sudah ada warga sekitar yang mengelola sehingga sudah jauh lebih tertata. Cukup dengan membayar biaya retribusi Rp3,000 saja kita sudah bisa menikmati beberapa objek sekaligus.

Beberapa objek? Iya dong, di kompleks Curug Telu ini, selain Curug Telu, juga terdapat Curug Pete dan Sendang Bidadari.

Dari pintu masuk, kita akan menyusuri jalan melewati Sendang Bidadari di sebelah kiri, lalu melewati jembatan beton yang di bawahnya adalah Curug Pete, setelah itu baru menuruni ratusan anak tangga sebelum akhirnya sampai di Curug Telu.

Agak sedikit melelahkan memang. Tapi pasti terbayarkan setelah sampai di bawah. 😀

Curug Bayan

tempat wisata di purwokerto untuk keluarga

Buat kamu yang ingin ke curug tapi takut dengan rute yang menantang dan melelahkan, mungkin Curug Bayan bisa jadi alternatif yang cocok. Curug yang merupakan tempat wisata di Purwokerto andalan ini cukup dekat dengan jalan raya dan bisa dijangkau dengan mobil maupun motor, jadi kamu nggak harus jalan jauh kok.

Banyak yang salah kira antara Curug Bayan dan Curug Gede, termasuk saya. Suatu ketika seorang teman mengajak saya ke Curug Gede, namun ketika sampai di lokasi, saya membatin, “loh kok Curug Gede nggak gede?” ternyata memang benar itu Curug Bayan.

Sedangkan Curug Gede beda lagi. Warga setempat-pun sudah membuat spanduk besar bertuliskan Curug Bayan guna meluruskan kesalahpahaman ini. Namun masih banyak di internet yang menyebutkan bahwa Curug Bayan ini sebagai Curug Gede.

Curug Bayan terletak di desa Ketenger, aksesnya pun tak sulit. Dari kota Purwokerto naik ke arah Baturraden, lalu belok kiri di pertigaan desa Ketenger.

Tarif masuknya sangat murah hanya Rp2,000 sebagai uang parkir. Jadi sebetulnya masuknya gratis, cuma bayar parkir saja dua rebu rupiah.

Baca Juga : TEMPAT WISATA TERPOPULER DI SWISS

Curug Gede

tempat wisata yang asyik di purwokerto

Masih di desa Ketenger, Baturraden, tidak jauh dari Curug Bayan terdapat Curug Gede. Mungkin ini asal muasal mengapa banyak yang salah mengira Curug Bayan adalah Curug Gede. Karena memang lokasi kedua curug ini berdekatan.

Bahkan untuk menuju Curug Gede kamu cukup memarkirkan kendaraanmu di Curug Bayan, lalu bertanya kepada petugas parkir atau warga setempat di mana letak Curug Gede. Heheheh.

Kenapa parkirnya di Curug Bayan? Karena lokasi Curug Gede ini memang hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki dan agak menurun.

Curug Pengantin

tempat wisata di purwokerto yang rekomended

Nih ya, kalau kamu mencari tempat wisata yang medannya sulit, Curug Pengantin ini bisa jadi tujuan. Masih di kecamatan Ketenger, di dusun Kalipagu, tempat curug indah ini bernaung. Curug Pengantin yang ini berbeda dengan Air Terjun Pengantin yang di film itu ya.

Untuk kamu yang belum pernah ke sini, sebaiknya datang bersama pemandu karena jalan menuju Curug Pengantin ini lumayan ekstrem.

Dari parkiran, kita diharuskan untuk menempuh perjalanan dengan kaki selama dua jam untuk sampai di curug. Tak main-main, rute yang akan kita lalui juga masih berupa hutan.

Kalau salah jalur, kalian malah bisa nyasar ke gunung Slamet, atau malah tersesat di hutan. Tapi kalian tak perlu khawatir, di pintu masuk, akan ada spanduk jasa pemandu yang siap mengantar kita sampai ke lokasi curug dengan selamat.

Oh iya, curug Pengantin ini terdiri dari dua buah curug yang lokasinya berdampingan layaknya sepasang pengantin di pelaminan, itulah kenapa curug ini dinamai curug pengantin.

Sendang Bidadari

tempat wisata di purwokerto

Sendang Bidadari terletak di kompleks Curug Telu, desa Karangsalam, Baturraden. Karena masih satu gerbang dengan Curug Telu, jadi tiket masuknya masih satu paket dengan Curug Telu yaitu Rp3,000.

Dari pintu gerbang, kita cukup melalui jalan setapak dan beberapa anak tangga menurun menuju Curug Telu. Nanti di tengah jalan akan ada petunjuk ke kiri untuk menuju ke Sendang Bidadari.

Di Sendang Bidadari juga terdapat semacam telaga kecil dengan goa kecil dan di bagian ujungnya terdapat curug kecil dengan kedalaman hanya 1,5 meter. Betul-betul seperti pemandian. Namun kita harus ekstra hati-hati karena bebatuan di sini cukup licin.

Baca Juga : TEMPAT TEMPAT MENGERIKAN DAN MENYERAMKAN DI JEPANG