Waw Inilah Mengapa Kamu Harus Pergi Ke Nagoya

Kalau membicarakan soal liburan ke Jepang, mungkin yang terlintas di benak kalian adalah Tokyo dengan Disneyland-nya, Osaka dengan Universal Studio-nya atau malah Kyoto dengan alamnya. Namun tahukah kalian, selain tiga kota tersebut ada kota lain dengan destinasi wisata yang gak kalah menariknya yakni Nagoya.

Kota Nagoya terletak di Perfektur Aichi. Banyak orang tertarik berlibur ke Nagoya karena landmark-nya yang unik-unik. Selain itu, jarak antara beberapa tempat wisata tidak terlalu jauh satu sama lain. Dalam satu hari keliling Nagoya, kamu mungkin sudah bisa mengunjungi banyak tempat wisata sekaligus. Beberapa tempat di bawah ini mungkin bisa dijadikan iternary kamu yang mau keliling Nagoya seharian.

1. Nagoya Castle.

5 Tempat Wisata di Nagoya yang Bisa Dikunjungi Dalam 1 Hari Saja

Dimulai dari Nagoya Castle (Istana Nagoya), merupakan salah satu istana terbesar yang ada di Jepang yang dibangun pada tahun 1612. Sejak berdiri istana ini memang beberapa kali sudah mengalami rekonstruksi dan renovasi. Namun hal itu tidak mengurangi nilai autentik dari istana ini. Salah satu bangunan Istana Nagoya yang terdiri dari 6 lantai berfungsi sebagai museum.

Setiap lantai menyimpan barang-barang bersejarah Jepang dari zaman edo (perlengkapan perang, interior bangunan kuno, lukisan-lukisan kuno dan lainnya). Di lantai 1 terdapat teater 3D yang menerangkan peristiwa-peristiwa yang terjadi di zaman edo. Di lantai paling atas kamu akan disambut dek observasi untuk menikmati pemandangan kota nagoya yang indah.

Selain museum, Istana ini juga dikelilingi dengan taman Ninomaru. Ada sekitar 2000 lebih pohon sakura di taman ini. Jadi tak heran ketika musim semi tiba, banyak orang berbondong-bondong datang untuk piknik di taman ini. Jam buka: 09.00 – 17.00 (kecuali hari libur nasional). Biaya masuk: 500 yen atau 61.000 rupiah per orang.

2. Nagoya Science Museum dan Planetarium

5 Tempat Wisata di Nagoya yang Bisa Dikunjungi Dalam 1 Hari Saja

Nagoya Science Museum dan Planetarium didirikan pada tahun 2011. Museum terdiri atas dua gedung yang ditengahnya terdapat bangunan bulat, yaitu planetarium yang merupakan  planetarium terbesar di dunia. Bisa dikatakan tempat ini adalah tempat yang paling informatif, terlebih untuk para pelajar.

Di sini kamu bisa menemukan banyak fakta-fakta menarik, menyaksikan banyak pameran ilmiah, berbagai eksperimen dan proyeksi mengenai fenomena alam, dan berbagai hal lain mengenai sains. Di planetarium terdapat sekitar 450 kursi dengan susunan semi melingkar.

Ketika pertunjukan akan dimulai lampu akan dimatikan. Kursi akan berputar mundur dan seketika itu juga kamu akan siap menyaksikan langit (atap) dipenuhi dengan bintang-bintang indah. Meskipun narasi menggunakan bahasa jepang, tetapi percaya deh itu nggak akan mengurangi keindahan apa yang sedang kamu saksikan. Jam buka: 09.30– 17.00 (kecuali hari libur nasional). Biaya masuk: museum (dewasa 400 yen; pelajar 200 yen; lansia 100 yen). Museum dan Planetarium (dewasa 800 yen; pelajar 500 yen; lansia 200 yen).

3. Sunshine Sakae.

5 Tempat Wisata di Nagoya yang Bisa Dikunjungi Dalam 1 Hari Saja

Buat kamu yang penggemar otaku atau entertainment dari Jepang, tempat ini pasti sudah tidak asing lagi. Sunshine Sakae sebenarnya didedikasikan untuk kamu yang suka shopping dan suka entertainment Jepang. Girlgroup jepang SKE48 (versi nagoya dari AKB48) punya concert hall sendiri disini.

Namun alasan utama yang menjadikan Sunshine Sakae ini diramaikan oleh turis lokal dan internasional adalah Sky Boat yang ada di lantai 3 gedung ini. Disini kamu akan menemukan atraksi Ferris Wheel dengan ukuran diameter 42 m dan 28 gondola kaca. Ada yang mengingat drama korea Dream High saat adegan Suzy dan Taecyeon menaiki Ferris wheel di JepangYa, disinilah tempatnya.

Durasi atraksi ini sekitar 15 menit untuk 2 kali putaran. Kalau ingin kesini sebaiknya ketika langit sudah agak gelap. Jadi saat kamu sudah di atas ferris wheel kamu bisa menyaksikan Nagoya yang diselimuti lampu-lampu LED yang indah. Jam buka: 09.00 – 23.00 (kecuali hari libur nasional). Biaya naik ferris wheel: 500 yen/orang.

4. Nagoya Sky TV Tower.

5 Tempat Wisata di Nagoya yang Bisa Dikunjungi Dalam 1 Hari Saja

Landmark ini berdiri pada tahun 1954 dengan tinggi 180 meter dan dek observasi 100 meter dari permukaan tanah. Nagoya Sky TV Tower adalah  simbol dari Sakae (pusat kota Nagoya) dan dari tower inilah 5 stasiun televisi jepang dipancarkan. TV Tower ini berlokasi di bagian barat Sunshine Sakae yang sudah dibahas sebelumnya.

Di dalam TV Tower ini kamu bisa menemukan coffee shop, restoran, dan mini galeri. Bagi yang mau melihat panorama dan tata kota Nagoya yang indah secara menyeluruh sambil menikmati fasilitas TV tower yang ada, kamu nggak perlu ragu untuk pergi ke tempat ini. Jam buka: 10.00 – 22.00. Biaya masuk: 700 yen (dewasa), 600 yen (lansia), 300 yen (pelajar).

5. Oasis 21.

5 Tempat Wisata di Nagoya yang Bisa Dikunjungi Dalam 1 Hari Saja

Salah satu kebanggan dari pusat kota Nagoya ini adalah Oasis 21. Lokasi taman tidak jauh dari Nagoya TV Tower. Taman ini merupakan tanaman multi level dengan konsep yang ramah lingkungan. Taman ini dibuka untuk umum pada tahun 2002. Jadi kamu nggak perlu mengeluarkan biaya untuk masuk, kecuali kamu akan di restoran dan  belanja di shopping outlet di sekitar taman.

Simbol dari taman ini adalah “Spaceship Aqua”. Bangunan  berbentuk oval setinggi 14 meter dengan atap kaca raksasa yang dialiri air di dalamnya. Pengunjung boleh naik dan berjalan-jalan di Spaceship Aqua. Dari atas kamu bisa melihat Nagoya TV Tower. Area ini terlihat lebih cantik di malam hari, karena dihiasi oleh lampu LED yang berubah-ubah warna. Tidak ada biaya masuk. Jam buka: 10.00 – 22.00.

Baca Juga : 10 Festival Budaya Negara Yang Paling Menarik Di Dunia